Bersih Desa Lestarikan Budaya

SANGGE – Semakin berkembangnya zaman membuat budaya Indonesia semakin luntur. Banyak cara dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian budaya daerah, salah satunya denganmenggelar kegiatan yang berhubungan dengan budaya sekaligus melibatkan pelaku seni.

Desa Sangge, Klego, Boyolali, rutin menggelar pertunjukan wayang kulit setiap tahun untuk melestarikan budaya Jawa. “Kami menggelar pertunjukan wayang kulit setiap setahun sekali untuk acara bersih desa,” kata Kepala Desa Sangge, Nadhifah.

Pergelaran wayang kulit untuk acara bersih desa dilaksanakan di Dukuh Kaponan. Pemerintah Desa Sangge juga pernah menggelar acara itu di Balai Desa dengan melibatkan warga desa setempat.

Acara tahunan ini sempat terhenti selama beberapa tahun. Namun, Pemerintah Desa Sangge berhasil menggelar pertunjukan wayang kulit kembali pada 2017.

Selain pagelaran wayang kulit, masyarakat juga mengadakan tradisi sadranan dan pengajian dalam acara bersih desa. Sadranan diadakan setiap menjelang bulan puasa di permakanan umum atau di masjid-masjid setempat. Kegiatan ini digelar untuk mengirim doa kepada sanak-keluarga yang sudah meninggal.

Diharapkan dengan acara-acara yang positifini, warga Desa Sangge tidak meninggalkan budaya. Warga dapat melestarikan budaya meskipun zaman semakin modern.

Berita Terkini
Wakil Bupati Lantik Pejabat Baru
Jumat 15 Desember 2017
PKK Gerakkan Wanita
Jumat 15 Desember 2017
Bangun Desa Bersama Warga
Kamis 14 Desember 2017
Bersih Desa Lestarikan Budaya
Kamis 18 Mei 2017