Sendang Peninggalan Raden Ayu Nyai Serang
Kamis 14 Desember 2017

SANGGE  Desa Sangge, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali memiliki beberapa sendang yang masih ada sampai sekarang. Sendang tersebut pada zaman dahulu kerap digunakan warga untuk aktivitas sehari-hari, seperti mencuci, mandi, dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu, banyak warga memiliki sumur di rumah masing-masing sehingga jarang pergi ke sendang.

Beberapa sendang yang masih kerap dikunjungi warga hingga saat ini adalah Sendang Kaponan dan Sendang Sangge. Area Sendang Kaponan dikelilingi pohon aren yang rimbun. Hingga sekarang, air di Sendang Kaponan juga masih melimpah. Sementara itu, Sendang Sangge lokasinya lebih terang dan tidak banyak dikelilingi pohon besar. Sendang ini juga mudah ditemukan pengunjung desa karena berada di tepi jalan.

“Di Desa Sangge ini banyak sumber mata air yang disebut sendang. Masih ada orang yang kesana untuk menggunakan airnya. Namun, jumlah pengguna sendang sudah berkurang karena banyak warga mempunyai sumur sendiri,” kata Kepala Desa Sangge Nadhifah.

Selain beberapa sendang yang terdapat di Desa Sangge, ada juga peninggalan sejarah lain. Salah satunya adalah peninggalan Raden Ayu Nyai Serang saat membangun pesanggrahan untuk beristirahat di Sangge. Pesanggrahan itu masih ada hingga sekarang. Selain itu, ada juga Batu Tumeng didalam Sendang Sangge, Batu Lesung di utara Dukuh Sangge, dan Bekas Kaunderan yang terletak di timur Sendang Sangge. Ada juga Jembangan dan Pasar mati atau Pasar Pon. Pasar Mati berada di selatan lapangan Sangge dan telah berpindah ke Pasar Klego. Pasar Pon terletak di salah satu lahan milik warga yang kini ditumbuhi tanaman didekat sawah. “Dulu memang ada pasar di Sangge. Namun, pasar itu tutup seiring kemajuan zaman. Sekarang, pasar itu pindah di Kecamatan Klego atau Pasar Pon yang menjadi cikal bakalnya Sangge,” kata Nadhifah.

Sendang Kaponan kerap dikunjungi warga dari daerah luar desa. Pemerintah Desa Sangge berharap sendang itu bisa terus dimanfaatkan secara positif oleh masyarakat. Warga yang ingin berkunjung ke Sendang Kaponan atau Sendang Sangge bisa menghubungi perangkat desa di nomor telepon 081225834536.

Berita Terkini
Wakil Bupati Lantik Pejabat Baru
Jumat 15 Desember 2017
PKK Gerakkan Wanita
Jumat 15 Desember 2017
Bangun Desa Bersama Warga
Kamis 14 Desember 2017
Bersih Desa Lestarikan Budaya
Kamis 18 Mei 2017