Demografi Penduduk

Desa Sangge memiliki luas wilayah 447,395 hektare dan ditinggali 3.733 penduduk yang tersebar di tiga dusun. Berdasarkan hasil sensus penduduk BPS Boyolali 2016, kepadatan penduduk Desa Sangge hanya 834 jiwa/km2. Mayoritas penduduk bermatapencaharian sebagai petani, sedangkan sebagian kecil lainnya menjadi buruh bangunan, buruh industri, pedagang, dan pengusaha kecil.

Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin

Jumlah penduduk Desa Sangge sedikit didominasi berjenis kelamin perempuan. Jumlah penduduk ini sedikit berpengaruh terhadap kondisi mata pencaharian penduduk. Dalam bentuk tabel berikut jumlah penduduk Desa Sangge :

Jenis Kelamin

Jumlah

Laki-laki

Perempuan

1.864 jiwa

1.869 jiwa

 

Topografi

Desa Sangge dibagi menjadi tiga Wilayah Kepala Dusun (Kadus) yang terdiri dari tujuh dukuh. Berikut pembangian wilayah Desa Sangge:

Kadus I

Kadus II

Kadus III

Dukuh Cepoko

Dukuh Soko

Dukuh Sangge

Dukuh Kaponan

 

Dukuh Pelemputih

Dukuh Jambeyan

Dukuh Sambirjo

 

Kondisi Geografis

Secara keseluruhan wilayah Desa Sangge tergolong dataran tinggi dengan kemiringan 2%-15% dan ketinggian lebih kurang 300 meter di atas permukaan laut. Desa ini berbatasan dengan Desa Banyurip di sebelah utara, Desa Kalangan dan Desa Sendangrejo di sebelah selatan, Desa Beji Kecamatan Andong di sebelah timur, serta Desa Bade dan Desa Blumbang di sebelah barat.  

Luas Wilayah

477,395 hektare

Ketinggian

300meter di atas permukaan laut

Kemiringan

2%-15%


Pemanfaatan Lahan

Pemanfaatan lahan lahan di Desa Sangge sebagaimana kawasan pedesaan pada umumnya banyak yang digunakan sebagai lahan pertanian. Lahan-lahan kering di pedesaan dapat diolah dan dikembangkan sebagai tegalan dan kebun, sedangkan lahan basah biasa dimanfaatkan sebagai sawah, kolam, empang, dan saluran-saluran irigasi untuk mengairi sawah.

Sebagian ruang lain pada lahan biasa digunakan sebaga kandang-kandang hewan ternak. Selain pemanfaatan lahan untuk beberapa kepentingan yang berkenaan dengan pencaharian, sebagian lahan di pedesaan pun digunakan untuk sarana umum seperti tempat ibadah, sekolah, dan kantor desa.

Jenis Lahan

Luas

Sawah Tadah Hujan

Pekarangan/Bangunan

Tegal/Kebun

Ladang/Tanah Huma

Ladang Penggembalaan

Hutan Lindung

Lapangan Olahraga

Permakaman

Masjid/Musala

Tanah Bengkok

Tanah Kas Desa Murni

Lain-lain (tanah tandus/tanah pasir)

147,543ha

98,859ha

123,037ha

5,1085ha

24,82 ha

38 ha

0,75ha

2,1805ha

3.060m2

16,3812ha

2,042ha

11,095 ha

 

Klimatologi

Berdasarkan kondisi iklimnya, Desa Sangge dapat digolongkan wilayah karakteristik lembab dengan curah hujan 10mm/tahun dan jumlah bulan kering enam bulan dalam setahun.

Karakteristik

Iklim lembab

Curah Hujan

10mm/tahun

Jumlah bulan kering

6 bulan

Suhu Maksimum

250C

Jumlah hari dengan curah hujan terbanyak

180 hari

 

Hidrologi

Kondisi Hidrologi Desa masih dirasa cukup untuk kebutuhan air minum penduduk Desa Sangge karena banyaknya sumber mata air alami di setiap kampung.

Jenis Tanah

Desa Sangge memiliki jenis tanah yang pada umumnya termasuk aluvial. Jenis tanah ini cukup sesuai untuk kegiatan pertanian tapi cenderung labil sehingga mengakibatkan jalanan di Desa Sangge cepat rusak.

Kondisi Lingkungan

Desa Sangge memiliki karakteristik lingkungan dataran rendah dengan tanah basah dan kering. Karakteristik lingkungan wilayah ini cocok untuk mengembangkan jenis tanaman pangan, khususnya palawija.

Kondisi Ekonomi

Mayoritas penduduk Sangge bekerja sebagai petani tanaman pangan. Sementara itu, sebagian kecil penduduk bekerja di sektor perkebunan, peternakan, industri pengolahan, perdagangan, dan jasa.

Beberapa program penanggulangan kemiskinan yang dicanangkan pemerintah berhasil menekan angka kemiskinan di Sangge, seperti melalui operasi beras murah (raskin), jaminan kesehatan untuk rakyat miskin, bantuan langsung tunai (BLT), pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH), dan sebagainya.

Mata Pencaharian Warga Desa Sangge

Mata Pencaharian penduduk Desa Sangge dalam sebagian besar masih didalam sektor pertanian, perkebunan dan perdagangan. Penduduk yang tinggal didaerah pedesaan biasanya dengan mata pencaharian tersebut disebabkan karena sumber daya alam melimpah yang membuat mereka memiliki beragam mata pencaharian.

Pekerjaan

Jumlah

Petani

Perkebunan

Peternak

Industri Pengolahan

Perdagangan

Jasa

Pengangkutan

Lain-lain

1.748

4

16

45

87

93

14

984

Berita Terkini
Wakil Bupati Lantik Pejabat Baru
Jumat 15 Desember 2017
PKK Gerakkan Wanita
Jumat 15 Desember 2017
Bangun Desa Bersama Warga
Kamis 14 Desember 2017
Bersih Desa Lestarikan Budaya
Kamis 18 Mei 2017