Fasilitas Umum

Desa Sangge, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, memiliki fasilitas umum dan sosial cukup memadai untuk menunjang kehidupan masyarakat setempat. Fasilitas sosial adalah fasilitas yang disediakan oleh pemerintah atau swasta untuk masyarakat, misalnya sekolah, klinik, dan tempat ibadah. Fasilitas umum adalah fasilitas yang disediakan untuk kepentingan umum, misalnya jalan dan alat penerangan umum. Adapun pengertian prasarana adalah kelengkapan dasar fisik lingkungan yang memungkinkan lingkungan perumahan dan permukiman dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sarana adalah fasilitas penunjang yang berfungsi untuk penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya. Sedangkan utilitas adalah sarana penunjang untuk pelayanan lingkungan. Berikut fasilitas umum dan sarana prasarana yang tersedia di Desa Sangge.

Sarana Prasana

Jalan Desa Sangge terdiri dari dua jenis, yakni jalan kabupaten dan jalan desa. Masing-masing jalan memiliki panjang dan kewenangan yang berbeda apabila terdapat kerusakan sehingga membutuhkan perbaikan. Jalan kabupaten merupakan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali sehingga apabila membutuhkan perbaikan menjadi tanggung jawab Pemkab. Sementara itu, jalan desa menjadi kewenangan Pemerintah Desa Sangge. Pemerintah desa juga menyiapkan sejumlah sarana prasarana untuk mendukung aktivitas masyarakat, seperti lapangan olahraga dan permakaman umum. Selain itu, juga terdapat pasar desa dan jembatan penghubung antar dukuh.

Tempat Ibadah

Sebagai sebuah wilayah dengan mayoritas penduduk beragama Islam, masjid dan mushola merupakan tempat ibadah yang banyak dijumpai di Desa Sangge. Desa ini memiliki lima masjid dan 18 musala. Keberadaan tempat ibadah membantu warga untuk menjalankan ibadah sesuai keyakinan mereka.

Sarana Kesehatan

Kondisi kesehatan masyarakat Desa Sangge cukup baik dengan didukung beberapa fasilitas kesehatan. Keberadaan fasilitas kesehatan tersebut cukup membantu memelihara kesehatan masyarakat desa.

Sarana Pendidikan

Sarana pendidikan yang terdapat di Desa Sangge cukup lengkap. Warga bisa mendapatkan pendidikan di sejumlah sekolah yang tersedia di Sangge, mulai dari taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah dasar (SD) atau madrasah ibtidaiyah (MI). Terdapat dua TK, dua SD Negeri, dan satu madrasah ibtidaiyah (MI).

Berita Terkini
Wakil Bupati Lantik Pejabat Baru
Jumat 15 Desember 2017
PKK Gerakkan Wanita
Jumat 15 Desember 2017
Bangun Desa Bersama Warga
Kamis 14 Desember 2017
Bersih Desa Lestarikan Budaya
Kamis 18 Mei 2017